Kamis, 15 Oktober 2015

Terus Melaju, Toyota Kuasai Penjualan Mobil Penumpang

JAKARTA–Perlambatan ekonomi nasional bukan hanya berdampak terhadap penjualan kendaraan roda empat secara keseluruhan, tetapi juga membuat persaingan di setiap segmen kendaraan menjadi lebih ketat.

Menghadapi trend itu, Toyota memperkenalkan strategi Total Ownership Benefit (TOB) bagi pelanggan Avanza dan Veloz yang menjadi andalan Toyota di segmen Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV).



“Ini bagian dari langkah perusahaan agar pelanggan lebih merasakan kenyamanan dan keamanan dengan Avanza dan Veloz yang dimiliki,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo disela pameran Avanza dan New Veloz diJakarta, kemarin (14/10).

Menurutnya, lewat pendekatan TOB ini, Toyota yang baru saja meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz pada Agustus lalu telah mendapat respon positif dari pelanggan.

Data Gaikindo mencatat disegmen low MPV, Grand New Avanza dan Grabd New Veloz terus bertahan sebagai mobil terlaris dikelasnya. Tercatat, sepanjang Januari-Agustus 2015, pangsa pasar Avanza naik menjadi 44,6 persen terhadap total penjualan di segmen penumpang dibandingkan periode yang sama pada 2014 yang hanya sebesar 40,2 persen.

Bahkan di bulan Agustus lalu, Toyota Avanza berhasil membukukan penjualan 16.344 unit dengan market share 49,7 persen. “Peningkatan pangsa pasar itu mengindikasikan bahwa dengan karakteristik sebagai real MPV atau mobil keluarga sesungguhnya, Avanza dan Veloz tetap bertahan sebagai pilihan terbaik dikelasnya,” imbuh Rahmat.

Kedua produk terbaru Toyota ini ditawarkan dengan mesin berteknologi dual VVTi, engine yang sejajar dengan kendaraan segmen di atasnya, yakni engine yang digunakan oleh sedan kelas medium seperti Toyota Altis dan Toyota Camry.

Selain lebih efisien, Avanza selama ini juga menjanjikan TOB yang dia kui lebih tinggi. Dari resalevalue, harga penjualan kembali Avanza untuk pemakaian 3 tahun berkisar antara 6-15 persen di atas kendaraan sejenis.

Dengan rentang harga Rp 198 juta-Rp 212 juta, pemilik Grand New Avanza bisa mendapat keuntungan tambahan sekitar Rp 16 juta sampai Rp 37 juta dari resale value ini, dibandingkan mobil disegmen yang sama.

Rahmat optimis, kehadiran Grand New Avanza dan Grand New Veloz terbaru ini mampu membawa andalan Toyota di segmen low MPV ke posisi yang lebih tinggi di mata pelanggan. Seperti terlihat pada data penjualan tahun ini, selain mampu bertahan sebagai mobil terlaris di Indonesia, disaat pesaing mengalami penurunan market share, pangsa pasar Avanza terus bergerak ke atas. (mna/rif)

Share this

1 Response to "Terus Melaju, Toyota Kuasai Penjualan Mobil Penumpang"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus